Senin, 29 Oktober 2018

Masjid Unik At-Taqwa ini berada tepat di lingkungan Polda Kepulauan Bangka Belitung. Masjid ini diresmikan, Rabu (25/4/2018). Kapolri Jenderal Tito Karnavian serta Ketua MUI Pusat KH Ma'ruf Amin ada dalam acara itu. 
Masjid Unik At-Taqwa di Polda Bangka Belitung

Masjid itu di rancang bangun oleh Ridwan Kamil bersama dengan firma arsitek asal Bandung, Urbane. Dengan bentuk, design masjid tersebut sangat unik. Barisan pilar silinder membalut bangunan masjid di area 625 mtr persegi.

Masjid itu dapat menampung kira-kira 1.000 jemaah. "Bentuk barisan pilar silinder dimaksudkan sebagai manifestasi bentuk kesatuan umat Islam yang harus saling berpegang teguh dalam ikatan silaturahmi," papar Ridwan waktu ditemui di universitas Kampus Padjadjaran, Jalan Dipatiukur, Rabu (25/4/2018). 
Masjid Unik At-Taqwa di Polda Bangka Belitung
Struktur bangunan masjid juga dibuat dengan memaksimalkan pencahayaan serta penghawaan udara alami. "Menyesuaikan dengan keadaan cuaca serta suhu udara di seputar tempat masjid, jadi design masjid dibikin supaya sinar dan perputaran udara dapat terdistribusi dengan bebas," papar Emil, sapaan akrabnya. Selain itu, skala dan masjid dibuat tinggi dengan tujuan suasana khusyuk lebih terasa saat shalat serta supaya perputaran udara semakin dapat bertukar lebih maksimal.

Landscape masjid dibikin menyatu dengan ruangan terbuka hijau (RTH) "Bhay Park" yang dibuat Polda Babel. Nanti RTH itu dipakai untuk pekerjaan serta kegiatan sosial penduduk Bangka Belitung. 

Ridwan mengakui sudah sempat diundang untuk ada dalam peresmian itu. Akan tetapi, dia berhalangan hadir karena tengah ikuti debat publik di Unpad. "Harusnya saya dateng sebab ada Pak Kapolri. Tetapi saya ada debat di Unpad jadi saya barusan kirim video," katanya. "Semoga polisi disana dapat bekerja membela negara dengan kesetimbangan lahir batin dunia akhirat. Masjid At-taqwa ini design ke-2 saya di lingkungan polisi sesudah Polda Jawa barat," tuturnya.


EmoticonEmoticon